Senin, 07 Juli 2014

MACAM MACAM TARIAN TRADISIONAL PULAU JAWA



Indo Berbudaya – pulau jawa dengan segala macam keanekaragaman seni budaya yang ada menjadi daya tarik sendiri sebagaimana pulau – pulau lain, selain di kenal sebagai pulai yang sangat banyak tempat wisatanya jawa juga merupakan pulai yang sangat menjaga tradisi bangsa yang sampai sekarang semuanya masih dijaga dan di lestarikan dengan baik.

Sebagai warga Negara yang cinta akan budaya Indonesia maka sebaiknya kita mengenal apa saja budaya yang ada, terkusus dipulau jawa bagi yang pernah merantau ke jawa entah karena kulyah dan sebagaimanya setidaknya kita mengenal meskipun sedikit apa yang menjadi ciri khas kesenian di jawa, diantara kesenian tradisional yang ada di pulau jawa dari sekian banyak adalah sebagai berikut :

Tari Jaipong, tarian ini banyak mempengaruhi padakesenian-kesenian lainnya yang ada di Jawa Barat, baik pada seni pertunjukkan wayang, degung,genjring dan lainnya yang bahkan telah dikolaborasikan dengan Dangdut Modern. Tari Jaipong Jaipongan adalah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal Bandung, Gugum Gumbira.

Tari Jejer Gandrung, jenis tarian satu ini merupakan salah satu kebudayaan tradisional yang ada di daerahKabupaten Banyuwangi. Jejer Gandrung itu sendiri berasal dari bahasa osing (bahasa asli banyuwangi) yang artinya “Jejer”.

Tari Bugis Kembar : Tari ini adalah tarian yang sering digunakan untuk menjamu tamu, anak kembar emas yaitu seorang laki-laki dan seorang perempunan.

Tari Remong : tarian yang merupakan tari selamat datang khas Jawa Timur yang menggambarkan kharakter dinamis Masyarakat Surabaya / Jawa Timur Yang dikemas sebagai gambaran keberanian seorang pangeran.

Itulah beberapa jenis kesenian budaya tradisional pulau jawa, masih banyak lagi macam kesenian budaya jawa yang ada, silahkan dipelajari dari berbagai sumber referensi. Semoga bermanfaat.


Other Post :

MENELUSURI KEBUDAYAAN KABUPATEN MUNA

thumbnail
Judul: MACAM MACAM TARIAN TRADISIONAL PULAU JAWA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz