Minggu, 06 Juli 2014

MENGENAL SINGKAT KEBUDAYAAN DAERAH PAPUA

INDO BERBUDAYA - Kalau berbicara kebudayan keseluruhan di papua sangatlah tidak mungkin dalam satu artikel ini ,Kebudayaan Papua sangat banyak : 224 bahasa (1978) , Tipe pemukiman : 4 kelompok  disini sedikit seputar kebudayaan di Irian jaya Papua..disajikan sekilas ya.

Penduduk pesisir pantai:  Nelayan, berkebun dan meramu sagu Komunikasi dengan kota dan masyarakat luar sudah tidak asing bagi mereka.

Penduduk pedalaman yang mendiami dataran rendah :
Mereka termasuk peramu sagu, berkebun, menangkap ikan disungai, berburu di hutan; mengembara dalam kelompok kecil. Adat Istiadat mereka ketat dan selalu mencurigai pendatang baru.

Penduduk pegunungan yang mendiami lembah :
bercocok tanam, memelihara babi, berburu dan memetik hasil dari hutan; pemukimannya berkelompok, dengan penampilan yang ramah bila dibandingkan dengan penduduk tipe kedua (2). Adat istiadat dijalankan secara ketat dengan "Pesta Babi". Ketat dalam memegang dan menepati janji. Pembalasan dendam merupakan suatu tindakan heroisme dalam mencari keseimbangan sosial melalui "Perang Suku" yang dapat diibaratkan sebagai pertandingan atau kompetisi. Sifat curiga tehadap orang asing ada tetapi tidak seketat penduduk tipe 2 (kedua).

Penduduk pegunungan yang mendiami lereng-lereng gunung:
Adat istiadat mereka sangat ketat, sebagian masih "KANIBAL", dan bunuh diri merupakan tindakan terpuji bila melanggar adat karena akan menghindarkan bencana dari seluruh kelompok masyarakatnya. Perang suku merupakan aktivitas untuk pencari keseimbangan sosial, dan curiga pada orang asing cukup tinggi juga.

Selanjutnya , Khusus pada topik ini kita akan membicarakan mengenai suku Dani yang tinggal di lembah Baliem.

Suku Dani adalah salah satu suku bangsa yang terdapat di Wamena, PapuaSuku-suku lain :  Yali dan Lani. Suku Yali adalah salah satu suku yang mendiami bagian selatan di antara perbatasan Wamena dan Merauke, sedangkan suku Lani mendiami bagian sebelah barat dari suku Dani.
Masyarakat Dani sudah terisolasi  alam lembah Baliem selama ribuan tahun.
Pertumbuhan penduduknya relatif rendah akibat tingkat kesehatan dan gizi yang kurang baik.

Untuk Mata Pencaharian mereka : Peternakan Babi
Beternak babi juga merupakan prestise dan melambangkan status sosial seseorang. bisa menyebalkan pecahnya perang suku, dan binatang ini juga berperan sebagai mas kawin.

Mata pencaharian utama mereka adalah bercocok tanam di ladang.Tanaman utama sekaligus makanan pokok adalah Hipere atau ubi jalar.

Adat istiadat mereka di papua irian jaya :
Di daerah ini masih banyak orang yang mengenakan holim (koteka)  (penutup penis) yang terbuat dari kunden kuning dan para wanita menggunakan pakaian wah berasal dari rumput/serat ,Masyarakat Dani percaya pada kekuatan gaib, roh leluhur dan roh-roh kerabat yang telah meninggal.
Hubungan antara orang yang masih hidup dengan roh leluhur dan roh orang yang telah meninggal lainnya dilakukan melalui upacara. Berduka: Memutus jari dan melumuri muka dengan tanah liat ketika berduka.

Itulah sekilas seputar kebudayaan di papua irian jaya sobat, materi berdasarkan gabungan dari berbagai sumber terprcaya , semoga bermanfaat.
thumbnail
Judul: MENGENAL SINGKAT KEBUDAYAAN DAERAH PAPUA
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz